PROPOSAL BISNIS
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt., yang telah memberikan
kepada kita semua kenikmatan yang sangat tidak bisa terhitung, yang salah satu
kenikmatan itu adalah kenikmatan umur dan kesempatan kepada saya, sehingga saya
dapat menyelesaikan tugas saya mengenai '' Proposal Pembuatan Usaha Maulida
Cell”
saya juga ucapkan banyak terima
kasih kepada Dosen saya yang telah memberikan gambaran dari tugas ini, dan
kepada teman-teman semuanya.
Dalam proposal ini dibahas
tentang segala macam yang berkaitan dengan Propoal Pembuatan Usaha. Saya sadar
saya hanyalah manusia biasa yang masih banyak memiliki kekurangan, maka dengan
hati yang lapang, saya menerima kritikan dan saran atas proposal ini. Mudah-mudahan
proposal yang saya susun ini bisa bermanfaat bagi semuanya.
Penyusun
Maulida Agustin
DAFTAR ISI
Cover ......................................................................................................... 1
Kata
Pengantar ......................................................................................... 2
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang .......................................................................... 4
1.2 Tujuan Usaha
............................................................................. 4
1.3 Visi dan
Misi ............................................................................. 4
1.4 Identifikasi
Usaha ..................................................................... 4
1.5 Ruang
Lingkup Usaha ............................................................... 4
Bab II Aspek Produksi
2.1 Prospek Usaha ........................................................................... 5
2.2 Sumber Daya Manusia (SDM)................................................... 5
Bab III Aspek Pemasaran
3.1 Penelitian
dan Analisis .............................................................. 6
3.2 Strategi
Pemasaran ................................................................... 6
3.3 Target
Pemasaran ...................................................................... 6
3.4 Pesaing ...................................................................................... 6
3.5 Saluran
Distribusi ...................................................................... 7
Bab IV Aspek Manajemen
4.1 Rencana Produk .......................................................................... 8
4.2 Rencana Produk yang
dihasilkan ................................................ 8
4.3 Kebutuhan modal ........................................................................ 8
4.4 Rencana Pendapatan Tiap Hari ................................................... 9
4.5 Realisasi Pendapatan Tiap
Bulan ................................................ 9
4.6 Laba Bersih ................................................................................. 9
4.7 BEP ............................................................................................. 9
4.8 Harga Per Unit ............................................................................ 9
Bab V Penutup
5.1 Resiko .......................................................................................... 10
5.2 Antisipasi Masa Depan ................................................................ 10
5.3 Kesimpulan .................................................................................. 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman dan
teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka saya akan memanfaatkan peluang
usaha yang unggul dan menjanjikan pada saat ini. Dengan meningkatnya kemajuan
dan perkembangan alat komunikasi diantaranya handphone (HP) yang sudah cukup
luas dan menyebar dalam masyarakat. Oleh karena itu saya ingin mendirikan
usaha. Usaha yang akan saya lakukan berupa layanan penyedia pulsa, yang mana
pulsa itu salah satu syarat untuk berkomunikasi dengan Handphone (HP).
Untuk itu kami menyusun proposal
ini guna menyusun rencana dalam menanangkap peluang usaha yang ada. Dan guna
mendapat persetujuan berbagai pihak.
1.2
Tujuan Usaha
Secara garis besar tujuan usaha kami adalah
Ø Menciptakan lapangan kerja.
Ø Memberi pelayanan pada masyarakat.
Ø Memajukan kehidupan masyarakat.
1.3
Visi dan Misi
o
Visi
Ø Menuju Perusahaan yang dapat memberikan manfaat kepada
manusia melalui teknologi komunikasi.
o
Misi
Ø Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan
usaha/kerja
Ø Melahirkan Enterpreneur - enterpreneur yang bergerak
dalam komunikasi.
1.4
Identifikasi Usaha
Ø Nama Usaha : Maulida Cell
Ø Pemilik Usaha : Maulida Agustin
Ø Alamat Usaha : Perum. Dasana Indah
blok RH 7/21 kab.Tangerang
Ø Contact Person : 0896-0158-3456
1.5
Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha yang saya
jalankan masih disekitar lingkungan saya tetapi tidak menutup kemungkinan untuk
saya member pelayanan diluar wilayah saya. Sebab usaha ini masih merupakan usaha
kecil-kecilan.
BAB II
ASPEK
PRODUKSI
2.1
Prospek Usaha
Dengan meningkatnya perkembangan
alat komunikasi Hand Phone yang luas dan menyebar dalam masyarakat, dengan
begitu pula kebutuhan pulsa sebagai salah satu syarat berkomunikasi dengan Hand
Phone besar. Dan saya sebagai penyedia layanan pulsa dan akan mendapat/
menghasilkan keuntungan yang besar dari konsumen pulsa dalam masyarakat yang
selalu membutuhkanya dan diharapkan usaha ini mencapai masa depan.
Ø Jenis Usaha
Menjual berbagai macam pulsa dengan harga yang terjangkau
Ø Prospek Usaha
Bisnis yang saya jalani ini
sangat cocok dalam kehidupan sekarang, karena saat ini Teknologi semakin
berkembang dan maju. Makin berkembang dan maju nya teknologi dan komunikasi,
mendorong saya untuk mendirikan bisnis yang bergerak di bidang Pulsa. Usaha
yang didirikan masih termasuk usaha kecil-kecilan dan hanya dijual hanya
disekitar Perumahan pemilik usaha.
2.2
Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah
SMA sederajat yang mampu mengelola usaha ini dengan baik dan berkepribadian
baik serta terampil.
BAB III
ASPEK
PEMASARAN
3.1
Penelitian dan Analisis
Membuat suatu usaha untuk saat ini membutuhkan dana yang besar selain itu
daya saing yang tinggi membuat para individu atau masyarakat harus gencar
melakukan persaingan usaha. Saya berpikir membuat gerai/konter pulsa dapat
menjanjikan walaupun daya persaingannya cukup ketat. Kebutuhan pulsa sebagai
salah satu syarat berkomunikasi dengan Hand Phone dalam masyarakat sekitar
lingkungan kita dan juga teman – teman baik di kampus maupun di rumah cukup
besar. Sehingga saya mengambil kesimpulan dari hal itu semua, usaha yang akan
saya jalankan memiliki kesempatan untuk saya berwirausaha dan memiliki
keuntungan yang besar dari usaha yang saya jalani.
3.2
Strategi Pemasaran
1.
Cara promosi usaha yang saya
lakukan dari mulut ke mulut.
2.
Cara menarik pelanggan dengan
memberi harga khusus.
3.
Sistem pembayaran langsung, yakni
konsumen membeli pulsa langsung membayar.
4.
Sistem pembayaran tidak langsung,
yakni konsumen membeli pulsa dengan cara memesan dulu, baik memesan langsung ke
saya maupun dengan cara sms dan pembayarannya pada hari berikutnya. Atau sesuai
kesepakatan dengan pembeli yang berlangganan.
5.
Memberi pelayanan prima agar
konsumen merasa puas.
3.3
Target Pemasaran
Layanan penyedia pulsa yang saya
lakukan langsung ditujukan kepada konsumen yang membutuhkan. Konsumen-konsumen
itu saya targetkan yang akan membeli pulsa adalah mayarakat sekitar lingkungan
konter dan juga teman-teman baik di rumah maupun di kampus dan juga keluarga
besar saya tetapi tidak menutup kemungkinan saya memberikan pelayanan diluar
wilayah saya.
3.4
Pesaing
Pada saat ini pesaing dalam
layanan penyedia pulsa memang cukup ketat. Diantaranya konter-konter yang sudah
banyak di sekeliling kita dan juga temen-temen saya yang juga melakukan usaha
yang sama dengan saya. Tetapi saya yakin usaha yang saya jalani dapat terus
berjalan dengan baik dan maju, dengan cara usaha yang keras dan sungguh-sungguh
serta pelayanan prima yang saya lakukan, tidak akan kalah dalam persaingan
dengan usaha-usaha yang orang lain lakukan.
3.5
Saluran
Distribusi
Cara yang saya lakukan dalam
melakukan usaha saya, yakni penjualan / penjualan ulang. saya membeli pulsa/
saldo di suatu konter besar dan saya menjual kembali saldo tersebut dalam
bentuk pulsa secara langsung ke konsumen dan juga melalui teman kami/ partner
yang sudah bekerja sama untuk penjualan pulsa tersebut dan usaha saya juga
menjual saldo untuk temen-teman yang baru ingin membuat usaha pelayanan pulsa
tidak hanya itu saya menjual kartu perdana.
BAB IV
ASPEK
MANAJEMEN
Pada prinsipnya kegiatan usaha mencakup tiga bidang
utama yaitu :
Ø Produk
Ø
Pemasaran
Ø Pembukuan dan keuangan
Ketiga bidang tersebut mencakup
tugas seperti yang disajikan pada table berikut :
Bidang
|
Tugas
|
Produk
|
Ø Perencanaan
produk
Ø Pembelian
produk
|
Pemasaran
|
Ø Menyusun
rencana strategi pemasaran
Ø Mamasarkan
Ø Membangun
jaringan pasar melalui promosi
|
Pembukuan
|
Ø Mencatat
segala transaksi
Ø Menyusun
anggaran dan belanja
Ø Menyusun
laporan keuangan
|
4.1
Rencana Produk
Usaha saya adalah usaha yang
bergerak dalam bidang pulsa dan kartu perdana. Ide menjalankan usaha di bidang
pulsa ini berawal dari lingkungan teman saya yang banyak mencari pulsa dadakan.
Oleh karena saya berkeinginan
untuk menjual pulsa. Modal saya pertama kali dalam menjalankan usaha ini yaitu
Rp 500.000,- dan itupun saya hanya menjual satu jenis pulsa saja, yaitu hanya
pulsa Elektrik
4.2
Rencana Produk yang dihasilkan
Keistimewaan Maulida Cell
ini adalah :
Ø Menjual berbagai macam pulsa, seperti pulsa elektrik,
pulsa voucher, pulsa internet, pulsa listrik PLN.
Ø Harga yang terjangkau untuk masyarakat.
Ø Tempat yang nyaman.
4.3
Kebutuhan modal
NO
|
Nama Bahan
|
Harga
|
Jumlah
|
Jumlah Total
|
||||||
1
|
HP untuk transaksi
|
Rp 100.000,-
|
1
|
Rp. 100.000,-
|
||||||
2
|
Etalase 3m x 1m
|
Rp 500.000,-
|
1
|
Rp. 500.000,-
|
||||||
3
|
Kartu Perdana
|
Rp 5000,-
|
50
|
Rp 250.000,-
|
||||||
4
|
Sewa Tempat
|
Rp 500.000,-
|
1
|
Rp 500.000,-
|
||||||
5
|
Gaji karyawan
|
Rp 200.000,-
|
1
|
Rp 200.000,-
|
||||||
6
|
Lain lain
|
Rp 200.000,-
|
||||||||
TOTAL
|
Rp 1.750.000,-
|
|||||||||
4.4
Rencana
Pendapatan Tiap Hari
Ø 1 (satu) kali transaksi Rp 5.000,-
Ø 1 (satu) hari transaksi 20 kali transaksi.
Pendapatan perhari Rp 5.000,- X 20 = 100.000,-
4.5
Realisasi Pendapatan Tiap Bulan
Ø Pendapatan perhari Rp. 5.000,- X
20 (transaksi) = Rp. 100.000,-
Ø Pendapatan perbulan Rp. 100.000,-
X 30 (hari) = Rp. 3.000.000,-
4.6
Laba Bersih
Ø
Pendapatan – Pengeluaran = Laba Bersih
Ø Rp. 3.000.000,- – Rp. 1.400.000,-
= Rp. 700.000,-
4.7
BEP
Ø
Jumlah Modal : Laba Akhir = Rp. 1.400.000 : Rp. 700.000 = 2
Ø
Berarti usaha kami mengalami titik impas pada bulan ke 2.
4.8
Harga Per Unit
Pulsa Elektrik &Voucher Rp.10.000 =Rp.12.000
Rp. 20.000 = Rp. 22.000
Rp. 50.000 = Rp. 52.000
Rp. 100.000 = Rp. 102.000
Pulsa Kuota Internet Rp.50.000 = Rp.52.000
Rp. 100.000 = Rp.102.000
BAB V
PENUTUP
5.1
Resiko
Ø
Adanya persaingan
Ø
Jaringan yang tidak menentu
Ø
Harga yang bertentangan dengan
pesaing lain
Ø
Keuntungan yang kecil.
5.2
Antisipasi Masa Depan
Sebagai
wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha
ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba
memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat atau konsumen
puas atas pelayanan yang diberikan. Karena apabila kualitas produk tidak saya tingkatkan, kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan
terancam bangkrut.
5.3
Kesimpulan
Usaha dibidang
pulsa ini sangat cocok di jaman sekarang yang serba canggih. Bisnis ini sangat
menguntungkan bagi saya. Semoga usaha ini bisa semakin baik untuk dikemudian
hari seiring dengan makin bertambah maju nya dunia Internet dan Teknologi
Komentar
Posting Komentar